Tindak Lanjut Serah Terima Barang Hasil Tangkapan Do Mild

Sesuai siaran pers nomor PERS-01/WBC.01/KPP.MP.0305/2019 tentang serah terima Barang Hasil Tangkapan berupa barang kena Cukai hasil tembakau dari Polres Aceh Selatan. Sebagai tindak lanjut atas hal ini, telah dilakukan penelitian berupa pencacahan, pengujian keaslian pita cukai di laboratorium Bea dan Cukai Medan dan pemeriksaan terhadap kuasa atas pemilik barang.
.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pita cukai tersebut adalah asli, namun ditemukan salah peruntukan. Pita cukai yang seharusnya untuk rokok jenis sigaret kretek tangan dilekatkan pada rokok jenis sigaret kretek mesin, namun pita cukai tersebut masih dimiliki perusahaan yang sama. Hal ini melanggar ketentuan pasal 29 ayat 2a UU nmr 39 tahun 2007 tentang perubahan UU nmr 11 tahun 1995 tentang cukai yaitu pelanggaran berupa salah peruntukan yg dapat mengakibatkan potensi kerugian keuangan negara yg mencapai Rp. 660.960.000,- (enam ratus enam puluh juta sembilan ratus enam puluh ribu rupiah).
.
Atas barang hasil penindakan berupa 153 karton rokok merek Do Milk akan dikirim ke KPPBC TMC Kudus untuk dilakukan penagihan kekurangan pembayaran cukai dan sanksi administrasi berupa denda. KPPBC TMP C Meulaboh akan terus berkomitmen memberantas peredaran rokok ilegal dan terus menjalin sinergi dengan POLRI, TNI dan instansi-instansi terkait.

By Bea Cukai Meulaboh| 15 April 2019| Kegiatan |