Upacara Peringatan Wafatnya Teuku Umar ke-120

Upacara Peringatan Wafatnya Teuku Umar ke-120, Pahlawan Indonesia yang lahir di Meulaboh, Aceh Barat. Dalam acara ini, pemerintah Provinsi Aceh Barat mengundang berbagai media massa dan instansi salah satunya Bea Cukai. Bea Cukai sebagai instansi yang diundang oleh Bupati Aceh Barat mengikuti rangkaian kegiatan yang dimulai hari Sabtu, 9 Februari 2019 hingga 11 Februari 2019.

Bertempat di Tugu Topi Teuku Umar, Suak Ujung Kalak - Batu Putch. Agenda pada malam ini adalah sambutan dan pengarahan kegiatan oleh Drs. Adonis, M. Si selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat. Kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan agenda yang ada pada tanggal 9 sampai 11 Februari 2019 atara lain Pelepasan Tim Napak Tilas oleh Bupati Aceh Barat pada 10 Februari 2019 pukul 08.00, Pengajian dan Doa Bersama Memperingati Syahidnya Teuku Umar Johan Pahlawan ke-120 pada 10 Februari pukul 21.00WIB di Komplek Makam Teuku Umar Mugo Rayeuk Kec. Pantoe Reu, dan Upacara Ziarah pukul 09.00WIB di Komplek Makam Teuku Umar Mugo Rayeuk.

Minggu, 10 Februari 2019 Rangkaian acara dilanjutkan pembukaan pelepasan tim Napak Tilas oleh Wakil Bupati Aceh Barat, H Banta Puteh Syam dengan pelepasan tim Napak tilas. Napak Tilas ini diikuti oleh 25 kelompok dari Siswa SMA, MA, SMK, Pramuka, mahasiswa, TNI, POLRI berjumlah 415 orang termasuk pendamping. Kegiatan Minggu malam dilanjutkan dengan Acara Pengajian dan Doa Bersama.

Kegiatan penutupan Peringatan Teuku Umar pada hari Senin, 11 Februari 2019, dimulai dengan pembacaan doa lalu dilanjutkan dengan masuknya Bupati Aceh Barat, Hj. Ramli MS ke lapangan upacara, cerita singkat Teuku Umar, penyiraman air ke makam Teuku Umar, dan Ditutup dengan doa bersama dan foto bersama serta penyerahan hadiah tapak tilas. 

By Bea Cukai Meulaboh| 15 Februari 2019| Berita |