Serah Terima Barang Hasil Tangkapan BC Meulaboh

Bea Cukai sebagai salah satu Instansi penegak hukum, memiliki wewenang atas Barang – Barang Ekspor maupun Impor yang masuk ke dalam maupun ke luar negeri, serta Barang – Barang yang perlu diawasi peredarannya seperti Rokok, Minuman Beralkohol, yang barang tersebut adalah Barang Kena Cukai atau BKC.
Minggu, 10 februari 2019 pukul 22.00 bea cukai meulaboh menerima barang hasil penindakan berupa barang kena cukai berjenis hasil tembakau dari POLRES Aceh Selatan di Mapolsek Labuhan Haji.
Serah terima barang hasil penindakan dilaksanakan langsung oleh Kapolres Aceh Selatan dengan disaksikan oleh Dandim 0107/Aceh Selatan, dan Pos TNI Al Labuhan Haji. Barang kena cukai berjenis hasil tembakau yang di serahkan sejumlah 153 karton dengan merk “Do Mild”. produk hasil tembakau ini telah melanggar pasal 29 ayat 2a UU No.39 tahun 2007 Tentang Perubahan UU No. 11 tahun 1995 tentang cukai yaitu pelanggaran berupa pemasangan pita cukai tidak sesuai peruntukkannya.
Keesokan harinya yaitu Senin, 11 februari 2019 Bea Cukai Meulaboh stand by pada kantor bea cukai untuk menerima barang hasil cukai ini pada pukul 4.00 pagi, kemudian hasil tembakau ini tiba pada kantor bea cukai meulaboh sekitar pukul 6.00 pagi. Bea Cukai Meulaboh langsung melakukan pengamanan terhadap barang ini dengan cara penyegelan terhadap barang hasil penangkapan yang kemudian akan dilakukan pencacahan dan pengujian keaslian pita cukainya serta pendalaman lebih lanjut.
Serah terima barang hasil tangkapan ini merupakan penerapan salah satu nilai kementerian keuangan yaitu sinergi antara penegak hukum yaitu, Bea Cukai, TNI AD, TNI AL, dan juga POLRI. berdasarkan kegiatan serah terima barang hasil penangkapan ini kita dapat mengetahui bahwa adanya sinergi antara penegak hukum di indonesia sudah sangat baik.

By Bea Cukai Meulaboh| 15 Februari 2019| Berita |