English for Customs Class

Kamis (29/7) Bea Cukai Meulaboh melakukan Program Pengembangan Pengetahuan/Kompetensi Pegawai (P2KP) bertajuk “English for customs”. P2KP kali ini mengambil tempat di ruang rekreasi dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Tujuan kelas kali ini adalah mendorong para pegawai untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Narasumber kelas kali ini adalah Ade Novan Sagita selaku Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan.

Ade memaparkan materi mulai dari pentingnya penguasaan bahasa Inggris sebagai seorang pegawai Bea Cukai. Penugasan di lapangan menuntut para petugas untuk berkomunikasi dengan bahasa asing terutama bahasa Inggris. Pekerjaan lapangan seperti di Bandara dan Pelabuhan mempertemukan para petugas dengan para penumpang asal berbagai negara. Di Bea Cukai Meulaboh sendiri para petugas juga menggunakan bahasa Inggris selama pelaksanaan pemeriksaan kapal yang biasanya berlabuh di pelabuhan Calang. 

Dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang paling diperlukan adalah kepercayaan diri. Jika sudah percaya diri maka akan berani untuk mulai praktik dan seiring waktu akan semakin terbiasa hingga pada akhirnya lancar menggunakan bahasa Inggris. Para peserta P2KP juga berpartisipasi aktif dalam kelas ini, bukan hanya dengan mengajukan pertanyaan namun juga mempraktekkan langsung simulasi penggunaan bahasa Inggris dalam pekerjaan. 4 orang peserta secara berpasangan mempraktekkan simulasi pemeriksaan kapal dan penumpang di bandara dengan bahasa Inggris.

Setelah pemberian materi diadakan permainan seru yang menguji pemahaman materi para peserta dan para pemenang mendapat hadiah menarik.P2KP ditutup dengan pengenalan Meulaboh Customs English Club, yaitu wadah bagi para pegawai untuk berlatih bahasa Inggris bersama dengan berbagai aktivitas dan kelas selama English Day. Diharapkan dengan P2KP kli ini mendorong niat dan komitmen para pegawai untuk mengembangkan lagi kemampuan berbahasa Inggris. 

By Bea Cukai Meulaboh| 29 Juli 2021| Kegiatan |