Pentingnya Pengelolaan Kinerja Pegawai Dalam Pengelolaan Kinerja Pegawai yang Optimal

Selasa 15 Januari 2019, bertempat di aula KPPBC TMP C Meulaboh pukul 10.30WIB telah dilaksanakan Internalisasi IKU kepada seluruh pejabat dan/atau pegawai Bea Cukai Meulaboh.

 

Pengelolaan kinerja pegawai merupakan suatu proses strategis dan terpadu yang menunjang keberhasilan organisasi melalui pengembangan kinerja pegawai dalam mencapai sasaran dan tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Kinerja harus dikelola secara baik agar dapat menghasilkan kinerja yang optimal bagi organisasi, mengingat pentingnya pengelolaan kinerja pegawai sesuai tuntutan capaian kinerja organisasi.


Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan menyampaikan materi tentang Pentingnya Pengelolaan Kinerja pegawai demi tercapainya suatu visi dan misi organisasi. Indeks Kinerja Utama yang biasa disingkat dengan IKU adalah dasar dalam menentukan kinerja pegawai yang berada di Lingkungan Kementrian Keuangan khususnya di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berdasarkan KMK-467/KMK.01/2014 tentang Pengelolaan Kinerja Di Lingkungan Kementrian Keuangan. Acara dibuka oleh bapak Eko Achmad Santoso selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal Dan Penyuluhan Dan Layanan Informasi yang dilanjutkan dengan mengadakan pre test dan post test tentang pengetahuan pegawai terkait IKU, untuk menguji kepahaman pegawai terkait IKU dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari bapak Taufan Syahputra selaku Subseksi Pelaksanaan Tugas.


Internalisasi IKU yang disampaikan memuat tentang penyusuan IKU, seperti cara menyusun kontrak kinerja(KK) , komponen komponen pembentuk IKU, serta pentingnya IKU dalam pengelolaan kinerja pegawai yang optimal. Seksi Kepatuhan Internal KPPBC TMP C Meulaboh terus melakukan terobosan terkait penysunan IKU seperti Penyampian IKU online dan one man for one folder (satu arsip untuk satu orang) untuk memudahkan pengisian dan penyusanan IKU yang lebih optimal dan efisien. Acara penutupan meteri diakhiri dengan melakukan post test tentang pemaparan materi yang telah disampaikan dan penyerahan hadiah untuk pegawai yang mendapatakan nilai tertinggi dalam pre test dan post test.

By Bea Cukai Meulaboh| 22 Januari 2019| Kegiatan |