BC Meulaboh Belajar Media

Banda Aceh, 8 November 2018.


KPPBC Meulaboh berkesempatan untuk mengunjungi Serambi Group yang bertempat di Banda Aceh untuk melakukan kunjungan dan studi banding media sosial.
Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang pengelolaan media dan proses pembuatan suatu berita. Dalam kesempatan ini, kami diajarkan untuk melihat suatu kejadian dari berbagai macam sudut pandang dan mengolahnya menjadi suatu berita. 


Pada dasarnya berita merupakan suatu proses pemindahan informasi/peristiwa yang kita ketahui untuk disajikan dalam bentuk tulisan. Pembuatan berita yang baik pada dasarnya meliputi 3 (tiga) aspek penting yang harus dipenuhi. Aspek pertama yang harus dipenuhi adalah aspek "aktual" yang artinya berita tersebut memang benar terjadi sesuai dengan fakta dan kejadian yang sebenarnya. Aspek kedua meliputi aspek "up to date" artinya suatu berita harus disajikan secara hangat dan terbaru, agar penikmat berita selalu mendapatkan informasi yang baru setiap waktu. Aspek ketiga meliputi aspek "Trend" yaitu suatu berita harus mengikuti perkembangan dan kebutuhan informasi yang sedang viral dan dicari masyarakat. Sehingga penikmat berita bisa mengikuti perkembangan kondisi yang terjadi. 

By Bea Cukai Meulaboh| 22 Januari 2019| Kegiatan |