Menyebrangi Pulau Menggempur Rokok Ilegal

Pada tanggal 11-14 Agustus Bea Cukai Meulaboh dalam rangka gerakan Gempur Rokok Ilegal melakukan operasi pasar di Pulau Simeulue. Pulau yang berjarak kurang lebih 200 KM dari Meulaboh ini juga merupakan bagian dari wilayah kerja Bea Cukai Meulaboh.Untuk ke pulau ini diperlukan perjalanan laut selama 18 jam dengan kapal penyeberangan yang bertolak dari beberapa pelabuhan di pesisir Aceh Barat.

Sama seperti operasi pasar Gempur Rokok Ilegal lainnya, tim dari Seksi Penindakan dan Penyidikan (P2) melakukan penindakan ke beberapa toko yang tersebar di sepanjang wilayah pulau. Dalam penindakan ini tim P2 akan mencari keberadaan rokok ilegal dengan ciri-ciri yang ada. Tim akan menegah rokok ilegal yang kedapatan dijual oleh pemilik warung/toko/grosir. Tindakan menjual rokok ilegal adalah sebuah tindakan pelanggaran undang-undang yang dapat dijatuhi hukuman pidana dan/atau denda.

Selain melakukan penindakan, tim Bea Cukai Meulaboh juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar maupun para pemilik toko mengenai rokok ilegal. dalam rangka mendukung Gempur Rokok Ilegal, masyarakat diberi pengetahuan mengenai ciri-ciri rokok ilegal melalui sosialisasi langsung dan pemasangan stiker.Diharapkan dengan operasi pasar kali ini, masyarakat di pulau Simeulue mendapat pengetahuan yang cukup terhadap rokok ilegal walaupun keberadaan geografis yang memisahkan mereka dari daerah Aceh lainnya.

By Bea Cukai Meulaboh| 04 September 2020| Kegiatan |