Ekspor Udang dan Potensinya di Aceh Barat

Selasa (1/9) Bea Cukai Meulaboh bertandang ke ke salah satu perusahaan yang beroperasi di bidang pertambakan udang  di Aceh Barat. Perusahaan tersebut adalah  PT Jaya Beurata Enterprises yang beroperasi di desa Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga yang terletak tidak begitu jauh dari kantor bea cukai Meulaboh. Maksud dari kedatangan Bea Cukai Meulaboh adalah untuk memetakan potensi ekonomi yang ada di wilayah kerja Bea Cukai Meulaboh., Potensi yang dimaksud adalah potensi untuk kegiatan ekspor termasuk potensi ekspor udang.

PT Jaya Beurata Enterprises beroperasi dalam bidang pertambakan udang jenis vaname. Pada kesempatan ini Bea Cukai Meulaboh melakukan pendataan terhadap operasi tambak diantaranya dibahas mengenai kapasitas panen, kualitas udang, jumlah dan tujuan pemasaran udang, profil dari perusahaan, siapa saja pembeli, dan rencana pengembangan bisnis kedepan. Sesuai dengan tujuan awal,kemudian pembahasan dilanjutkan dengan rencana untuk mengembangkan potensi dari total 18 kolam tambak udang  yang dimiliki PT Jaya Beurata Enterprises yang dapat menghasilkan 5 ton udang vaname per dua bulan sehingga dapat dimaksimalkan untuk ekspor.

Dengan kunjungan ini dapat dilihat bahwa potensi perdagangan udang vaname cukup besar di kawasan Barat Aceh. Namun permasalahan selama ini adalah belum adanya infrastruktur yang memadai membuat proses ekspor  atas komoditas udang vaname sulit untuk dilakukan langsung melalui pantai Aceh Barat. Diharapkan berbagai pihak dapat menjalankan kerjasama dalam membangun infrastruktur dan fasilitas yang mendukung untuk pelaksanaan ekspor langsung dari pantai Barat Aceh. Dengan adanya dukungan kegiatan ekspor akan mendorong perekonomian masyarakat sekitar, dengan perluasan pemasaran sampai ke luar negeri.

By Bea Cukai Meulaboh| 03 September 2020| Kegiatan |