Sambut Kinerja baru New Normal dengan E-Logbook

1
Menyambut Revolusi Industri 4.0 Direktorat Jenderal Bea dan cukai telah banyak melakukan perubahan baik sistem pelayanan maupun pengawasan ekspor dan impor. Begitu juga sistem manajemen SDM di internal Bea dan Cukai tak luput dari perubahan yang terus dikembangkan sehingga searah dengan revolusi industri 4.0.
2
Salah satunya adalah metode pelaporan kinerja pegawai yang dahulu masih menggunakan semi hardcopy, sejak awal Januari terus digodok dan dikembangkan hingga direncanakan awal Juli sudah paperless. Secara tidak langsung hal ini sangat mendukung program pemerintah saat ini yang kita kenal sebagai Normal Baru “The New Normal”. Hal ini dapat menghemat anggaran pemerintah karena dampaknya akan mengurangi penggunaan kertas dan tinta serta dapat menunjang program Flexible working Spacenya Kementerian keuangan yang merupakan campuran dari WFO (Work From Office) dan WFH (Work From Home) agar memudahkan pegawai untuk dapat berkerja dimana saja dan kapan saja selama terkoneksi Internet.

Pelaporan kinerja bulanan pegawai yang dikenal dengan Logbook yang masih mengguankan kertas dan alat tulis sekarang telah beralih menjadi E-logbook yang semua pelaporan sudah paperless. Karena ini merupakan sebuah terobosan baru, perlu sekiranya Kantor Bea Cukai Meulaboh melakukan sosialisasi pengenalan penggunaan E-logbook kepada seluruh pegawai.
3
Bea Cukai meulaboh sendiri telah melakukan beberapa metode pengenalan E-logbook kepada pegawai nya antara lain melalui Streaming Youtube yang di Compile dari video Channel SOLIKIN DJBC, Memasang Banner pada Papan Pengumuman Kantor dan Pencetakan buku Manual E-logbook disesuaikan dari Panduan penggunaan E-Logbook DJBC. Buku yang dicetak ini telah dibagi kepada para pegawai di lingkungan Bea Cukai Meulaboh pada tanggal 18 Juni 2020.

Diharapkan dengan berbagai metode sosialisasi ini dapat membantu pegawai dalam mempermudah proses pelaporan kinerja bulanan di era New Normal dan Revolusi industri 4.0 saat ini. Dan masih akan banyak lagi program dan inovasi baru yang dimunculkan oleh kementerian keuangan khususnya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan era New Normal

4

By Bea Cukai Meulaboh| 19 Juni 2020| Kegiatan |