Sosialisasi Pemanfaatan DBHCHT Pemerintah Daerah

1

Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) menurut PMK Nomor 7/PMK.07/2020 merupakan dana yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada Daerah berdasarkan angka presentase tertentu dari pendapatan negara untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.
Dalam rangka penilaian kinerja pemanfaatan DBHCHT Pemda, Bea Cukai Meulaboh mengadakan Sosialisasi secara online pada Kamis 4 Juni 2020. Sosialisasi ini dihadiri oleh Perwakilan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) dari setiap Pemda yang berada di bawah pengawasan Bea Cukai Meulaboh yang meliputi Aceh Jaya hingga Aceh Singkil serta Simeuleu.

2

Sosialisasi yang dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Meulaboh, M. Alim Fanani, juga dihadiri oleh Wirman Lukman selaku narasumber dari Direktorat Cukai DJBC dan Triyanto, Humas Kanwil Bea Cukai Aceh serta materi sosialisasi disampaikan oleh Eko Achmad Santoso, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan. Tujuan sosialisasi ini untuk memberikan panduan pemerintah daerah dalam rangka penilaian kinerja pemanfaatan DBHCHT. 

Poin utama pemanfaatan DBHCHT yang tepat sasaran adalah aspek edukasi kepada masyarakat dan pemberantasan Barang Kena Cukai ilegal. Diharapkan melalui sosialisasi ini para pemerintah daerah dapat mengelola dengan baik DBHCHT yang diterima setiap tahun dengan penuh tanggung jawab.

3

By Bea Cukai Meulaboh| 05 Juni 2020| Kegiatan |