Penangkaran Penyu Areun Meubanja, Aceh Jaya


1
Akhirnya kita berjumpa lagi di hari Jumat, seperti biasa Bang Johan akan memaparkan tempat wisata di sekitaran Meulaboh. Kali ini Bang Johan akan bercerita tentang Pusat Konservasi Penyu Areun Meubanja yang berada di kabupaten Aceh Jaya

Pusat konservasi yang berlokasi kurang lebih 100 Kilometer dari Meulaboh ini berdiri sejak tahun 2015 atas perintah Bupati Aceh Jaya. Tempat ini dikelola oleh sebuah Kelomopk Konservasi yang berjalan secara swadaya dengan berbagai fasilitas seperti pondok informasi dan kandang pengamanan penyu yang sedang meletakkan telurnya.
2
Pendirian pusat konservasi ini bertujuan unttuk memberikan perlindungan habitat penyu. Pantai yang berada di belakang penangkaran adalah tempat biasa yang digunakan penyu dari beberapa jenis untuk meletakkan telurnya. Setelah selesai meletakkan telur, ibu penyu akan meninggalkan telur tersebut dan kembali ke laut. Kemudian kelompok konservasi akan menjaga telur tersebut dari para predator sebelum mereka menetas.

Setiap tahunnya diadakan beberapa pelepasan tukik,atau anak penyu yang baru menetas ke lautan luas yang biasanya diikuti oleh banyak warga sekitar. Sahabat Bang Johan dapat mengikuti salah satu agenda pelepasan tukik tersebut sebagai partisipasi dalam menjaga keberlangsungan spesies penyu.

3

By Bea Cukai Meulaboh| 27 Maret 2020| Kegiatan |