Pemantauan HTP



Bea Cukai Meulaboh melaksanakan pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) hasil tembakau di kabupaten Barat Daya, Aceh Selatan dan Aceh Singkil. Kegiatan diawali dengan mengunjungi warung atau kios yang ada di masing-masing daerah tersebut. Dalam pelaksanaannya dilakukan pencatatan harga-harga rokok eceran yang dijual di setiap warung yang dikunjungi. Selain itu, juga dilakukan pencatatan jumlah rokok yang tersedia di warung tersebut dan melakukan sosialisasi terkait rokok ilegal dengan memberi tahu ciri-cirinya yang bisa dilihat dari keadaan pita cukainya.

Dijelaskan mulai dari pita cukai bekas yang dapat dilihat dari kondisi pita cukainya yang lecek atau sobek. Sedangkan pita cukai palsu, ciri-cirinya tidak memiliki informasi lengkap terkait keterangan tarif cukai, hologram, dan keterangan lainnya. Contoh-contoh rokok ilegal yang pernah beredar di wilayah pengawasan Bea Cukai Meulaboh juga diperlihatkan, untuk memudahkan masyarakat mengenali rokok ilegal.

Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat dapat menghindari rokok ilegal dan para pemilik toko atau kios tidak lagi menjual rokok ilegal.

 

By Bea Cukai Meulaboh| 20 Maret 2020| Kegiatan |