Bea Cukai Meulaboh melaksanakan pemetaan potensi UMKM kerajinan Batok Kelapa Kabupaten Nagan Raya.

 

Jeuram, Nagan Raya (2/3). Beacukai Meulaboh kembali melakukan pemetaan potensi UKM dan IKM kerajinan tangan di desa Blangbaro kecamatan Jeuram, Kabupaten Nagan Raya. Kunjungan kali ini dilakukan oleh Tim satgas fasilitas Bea Cukai Meulaboh yaitu Juanda rosihan dan Yushariadi ke tempat pengrajin Batok Kelapa setempat.

Pangsa pasar produk ini bukan hanya untuk kawasan lokal saja , akan tetapi sudah merambah hingga ke pasar internasional yaitu Jepang, Prancis dan Cina. Saat ini kerajinan Batok Kelapa yg berada di desa Blangbaro , Nagan Raya ini sudah menerima pesanan dari negara Cina akan tetapi dari pengrajin sendiri tidak bisa saat ini menyanggupi pesanan tersebut dalam jumlah besar yaitu 1000 pcs perbulan di kerenakan kekurangan pengrajin yg handal . “Kam kekurangan oran pak” ujar Syafrizal selaku pengrajin batok kelapa tersebut.

Akibat keterbatasan jumlah pengrajin batok kelapa tersebut hanya pesanan dalam skala kecil yg dapat di penuhi. Diharapkan kelak hasil dari kegiatan pemetaan potensi perekonomian di wilayah kerja Bea Cukai Meulaboh dapat mendongkrak perekonomian masyarakat kawasan Barat Selatan Aceh dengan orientasi Ekspor langsung dari Provinsi Aceh ke luar negeri.

By Bea Cukai Meulaboh| 05 Maret 2020| Kegiatan |