Workshop Identifikasi Keaslian Pita Cukai Desain Tahun 2020

Rabu (3/4) Bea Cukai Meulaboh mengadakan Workshop mengenai Identifikasi Keaslian Pita Cukai Desain Tahun 2020. Workshop ini diikuti oleh segenap pegawai Bea Cukai Meulaboh. Acara ini dipimpin langsung oleh Ade Fitriansyah, Kepala Seksi Penindakan dan Peyidikan.Acara dimulai dengan penyampaian pencapaian DJBC dalam hal Cukai, baik berupa capaian pendapatan maupun penindakan di bidang cukai pada Tahun 2019. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan target Bea Cukai dibidang cukai yang diharapkan dapat dilampai dalam tahun 2020.

 

Selanjutnya Ade memaparkan desain pita cukai tahun 2020 yang dipakai untuk pita cukai untuk Barang Kena Cukai (BKC) Hasil Tembakau maupun Minuman Mengandung Etil Alkohol. Desain yang dipaparkan berupa fitur fitur khusus yang perlu diketahui dalam mengidentifikasi keaslian suatu pita cukai.Kemudian workshop dilanjutkan dengan pemaparan teknis pemgidentifikasian pita cukai palsu. Semua peserta diberi pengetahuan terkait bagaimana membedakan pita cukai palsu atau tidak, baik secara kasat mata maupun dengan bantuan alat. Lalu cara identifikasi diperagakan secara langsung oleh para peserta. Diakhir acara diadakan uji kompetensi atas pemahaman materi workshop. Uji pemahaman ini dilakukan dengan cara yang seru menggunakan kuis daring dengan telepon genggam masing-masing.

Tujuan dari diadakannya workshop ini adalah untuk membekali para pegawai Bea Cukai Meulaboh dengan pengetahuan akan identifikasi pita cukai palsu. Dengan mengetahui cara idenfikasi ini diharapkan para pegawai dapat mengidentifikasi peredaran BKC ilegal dan/atau menggunakan pita cukai palsu. Dengan bekal pengetahuan ini para pegawai dapat berkontribusi terhadap pengawasan akan peredaran BKC Ilegal. Diharapkan dengan pengawasan yang baik, penerimaan negara dan perlindungan masyarakat dapat ditingkatkan.

By Bea Cukai Meulaboh| 04 Maret 2020| Kegiatan |