Taman Bunga Celosia – Mini Belanda di Kabupaten Aceh Jaya

Akhirnya Sahabat Bang Johan kita bertemu lagi dengan Hari Jumat. Kali ini Bang Johan akan mengajak sahabat ke negeri Kincir Angin-Belanda tanpa mengeluarkan uang untuk membeli tiket pesawat. Sahabat tidak perlu membeli tiket pesawat ataup membawa koper karena tempat ini hanya berjarak 70 KM dri Meulaboh, yaitu Taman Bungan Celosia Aceh Jaya.Taman Bunga ini tepatnya berada di Desa Alue Piet, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya.  Dibuka awal Januari 2019, dalam satu bulan pembukaannya taman hits ini telah dikunjungi lebih dari 30 ribu wisatawan. Para wisatawan yang dating berlomba untuk berfoto dengan jajaran bunga Celosia yang berwarna warni nan cerah, yang biasanya di sebut kawula muda dengan istilah instagramable. Bunga Celosia adalah bunga yang biasanya tumbuh di negeri Belanda, selain Tulip, sehingga bunga ini juga dapat dikatakan Bunga Belnda walaupun kalah tenar dengan Tulip.

Bunga Celosia ini didatangkan langsung dari Pattani, Thailand oleh pemilik taman ini khusus untuk membangun taman bunga ini. Pemiliknya yang berpengalaman sebagai tour guide dan sering berkelana keliling dunia ini terinspirasi untuk membangun taman ini setelah melihat Bungan ini di negeri asalnya, Belanda. Kaisar, pemilik taman ini menginvestasikan banyak waktu untuk mempelajari apakah bunga Celosia ini dapat tumbuh di iklim tropis seperti di Aceh Jaya ini. Setelah mencoba untuk menumbuhkan bunga ini dan berhasil, Kaisar lalu mengirim banyak bibit dari Pattani dan mengembang-biakkan hingga sebanyak sekarang.

Untuk memasuki taman ini Sahabat Bang Johan hanya butuh merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah. Jika Sahabat lupa membawa topi untuk bahan foto atau sekedar melindungi diri dari sengatan matahari, sahabat dapat menyewa topi seharga 5 ribu rupiah saja. Taman ini bukan hanya dipenuhi dengan jajaran bunga Celosia yang beragam warna saja, melainkan ada fasilitas-fasilitas menarik ala-ala negeri Belanda. Di taman ini sahabat dapat menikmati Kincir Angin khas negeri tulip tersebut, lalu ada juga aula yang berbentuk seperti Gudang peternakan Eropa.Semoga dengan info yang Bang Johan bagikan kali ini Sahabat dapat menikmati “Belanda” diakhir pekan ini dengan mengunjungi Taman Celosia di Aceh Jaya. Jika berkunjung kesana jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga di taman ini dan tetap ingat untuk menjaga kebersihan taman serta tidak merusak tanaman yang ada ya Sahabat Bang Johan.

By Bea Cukai Meulaboh| 28 Februari 2020| Kegiatan |