Corona Virus dan Bea Cukai - Semangat Belajar Sharing

Selasa (25/2) seperti biasanya diadakan Selasha (Semangat Belajar Sharing) di aula Bea Cukai Meulaboh. Pada kesempatan kali ini yang mendapat giliran membagikan ilmu adalah Alfian Adrianto Wibowo, Pegawai Pelaksana di Seksi Penindakan dan Penyidikan.Acara dibuka oleh Ade Fitriansyah, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan. Kemudian acara dilanjutkan oleh pemaparan materi oleh Alfian. Corona Virus atau yang diklasifikasikan dengan COVID-19 oleh World Health Organization (WHO) adalah jenis virus penyebab infeksi saluran pernapasan yang pertama kali muncul di Wuhan pada akhir tahun 2019 dan menyebar ke seluruh dunia diawal tahun 2020.

Peredaran virus yang cukup cepat dan berakibat fatal memaksa pemerintah Cina untuk menutup jalur keluar dan masuk dari wilayah negara tersebut untuk membendung peredaran lebih jauh. Kondisi terkini menunjukkan bahwa virus sudah menyebar hampir ke seluruh wilayah dunia.  Penutupan jalur ke dan/atau dari Cina berarti jugta penutupan jalur pedagangan dunia, dimana Cina adalah pemain utama dalam perdagangan dan jalur pasokan dunia.Dampak Corona Virus ini bukan hanya dialamai dalam segi kesehatan tetapi juga dalam aspek sosial, pariwisata, ekonomi, dan terlebih lagi perdagangan internasional. Indonesia sebagai salah satu mitra dagang utama Cina juga mengalami dampat yang signifikan dalam segi perdagangan. Hal ini diakibatkan dari pemberhentian pasokan bahan-bahan dari negeri tirai bambu tersebut akibat pemberhentian aktivitas produksi maupun distribusi barang.

Bea Cukai sebagai garda terdepan dalam perdagangan internasional juga turut berperan dalam pencegahan penyebaran virus sambil tetap mendukung perekonomian negara. Demi menjalankan kedua tugas yang diemban, Direktur Jenderal Bea dan Cukai telah mengeluarkan Surat Edaran terkait pemeriksaan barang yang berasal dari Cina. Diharapkan dengan usaha ini Bea Cukai dapat berkontribusi langsung dalam menjaga Indonesia dari penyebaran Corona Virus tanpa diskriminasi dan tetap mendorong perkembangan ekonomi Indonesia.

By Bea Cukai Meulaboh| 25 Februari 2020| Kegiatan |