Belajar Tarombo Batak melalui Selasa Belajar Sharing Bea Cukai Meulaboh


Selasa (18/2) seperti biasanya diadakan Selasha (Selasa Sharing) di aula Bea Cukai Meulaboh. Pada kesempatan kali ini yang mendapat giliran membagikan ilmu adalah Vlan’s Reso Sinaga, peserta On the Job Training (OJT) lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN.Acara dibuka oleh Taufan Syahputra, Kepala Subseksi Kepatuhan Pelaksaan Tugas. Kemudian acara dilanjutkan oleh pemaparan materi oleh Vlan’s Reso Sinaga. Tarombo dalam bahasa Batak berarti silsilah, baik silsilah keluarga kecil ataupun keluarga besar satu marga atau bahkan sampai ke silsilah seluruh marga Batak.

Dalam tradisi Batak, marga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Marga digunakan dalam penentuan cara menyapa, peran di acara adat, ataupun dalam penentuan jodoh. Marga atau nama keluarga adalah nama belakang yang diteruskan oleh semua keturunan yang diambil dari pihak laki-laki atau ayah (Patrilineal). Marga Batak berjumlah lebih dari 400 marga. Penamaan marga ini dimulai jauh sejak dari jaman kerajaan Batak.Konon orang Batak pertama diturunkan dari kahyangan di gunung Pusuk Buhit Danau Toba, bernama Si Raja Batak. Kemudian Si Raja Batak memiliki keturunan-keturunan yang kemudian menjadi raja-raja di tanah Batak. Nama keturunan Si Raja Batak tersebut kemudian menjadi marga yang dipakai oleh masyarakat Batak sampai sekarang. Maka dalam tradisi Batak semua orang dapat ditelusuri keturannya menggunakan Marga tersebut.

Silsilah marga-marga tadi lah yang disebut sebagai Tarombo, dimana semua orang Batak merupakan satu keluarga raksasa Melaui marga yang dimilikinya. Melaui Tarombo orang Batak dapat menentukan cara bertutur dengan sesama berdasarkan posisi marga seseorang di Tarombo tersebut. Tarombo juga menjadi dasar mpemberian peran dalam acara adat-istiadat Batak.
Mungkin sahabat Bang Johan tidak asing dengan beberapa Marga Batak yang lazim diketahui seperti Sinaga, Simanjuntak, Hutapea ataupun Hasibuan. Melaui selasha kali ini semoga Sahabat Bang Johan dapat memahami Marga dan silsilah atau Tarombo Batak.

By Bea Cukai Meulaboh| 19 Februari 2020| Kegiatan |