Menikmati Matahari Terbenam di Pelabuhan Perintis Jetty Meulaboh

1

Akhirnya berjumpa lagi dengan hari Jumat, sahabat Bang Johan kalau hendak menghabiskan akhir pekan sudah terpikirkan ingin kemana nih? Bang johan punya satu rekomendasi untuk sahabat-sahabat sebuah tempat wisata yang yang paling sering dikunjungi masyarakat Meulaboh. Kali ini Bang Johan akan membahas Pelabuhan Jetty Meulaboh.

Pelabuhan yang bernama lengkap Pelabuhan Perintis Jetty Meulaboh beralamat di Gampong Suak Indra Puri tepatnya berada di wilayah pantai Ujung Karang. Pelabuhan ini adalah pelabuhan yang dibangun pasca bencana tsunami 2004 silam. Berada tidak jauh dari pusat kota Meulaboh yaitu sekitar 2 kilometer, masyarakat menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit untuk berkumpul santai.
2
Karena ukurannya yang kecil pelabuhan ini tidak meiliki terminal khusus untuk penumpang kapal. Pelabuhan yang diperuntukkan khusus untuk penumpang adalah Pelabuhan Kuala Bubon, berjarak 8 kilometer dari pusat kota. Kapal yang berlabuh di pelabuhan Jetty juga tidak sebanyak atau sesering yang ada di pelabuhan Kuala Bubon.

Kapal yang memiliki jadwal tetap berlabuh di pelabuhan ini adalah kapal Tol Laut milik Kemenhub. Selain dari kapal Tol Laut dermaga pelabuhan ini jarang sekali disandari oleh kapal-kapal biasa. Oleh karena keadaan sepinya kapal yang bersandar, dermaga pelabuhan ini biasanya dipakai oleh masyarakat sebagai tempat berkumpul-ria sehingga menjadi objek wisata tersendiri.
3
Pada menjelang sore hari dermaga pelabuhan ini akan mulai dipadati oleh pedagang makanan ataupun minuman. Tepat sebelum matahari terbenam dermaga ini akan dipadati oleh banyak wisatawan ataupun masyarakat lokal. Orang-orang biasanya akan menikmati matahari terbenam di pelabuhan ini sembari menikmati kuliner-kuliner yang dijajalkan para pedagang. Dermaga ini akan bahkan lebih padat lagi pada saat ada kapal yang sedang berlabuh. Orang-orang akan berlomba mengambil foto berlatar kapal dan matahari terbenam.

Yang pasti Pelabuhan Jetty Meulaboh ini adalah tempat yang wajib untuk dikunjungi untuk Sahabat Bang Johan yang sedang berwisata ke Aceh Barat.

4

By Bea Cukai Meulaboh| 14 Februari 2020| Kegiatan |