Apel Khusus Memperingati Hari Pabean Internasional ke-68

1

Selasa (28/1) Bea Cukai Meulaboh mengadakan Apel Khusus dalam rangka memperingati Hari Pabean Internasional ke-68 yang diikuti oleh segenap pegawai di halaman depan kantor Bea Cukai Meulaboh. Apel kali ini dipimpin oleh Wawan Fitri Asmanto, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis.

Setiap tanggal 26 Januari diperingati sebagai Hari Pabean Internasional oleh World Customs Organization (WCO) dan negara-negara anggotanya, termasuk Indonesia. Tema yang diangkat tahun ini adalah “Customs fostering Sustainability for People, Prosperity and the Planet”. Tema tahun ini berfokus pada kontribusi Bea Cukai terhadap masa depan yang berkelanjutan dimana kebutuhan sosial, ekonomi, kesehatan dan lingkungan menjadi pokok dari tindakannya.
2
Dalam apel khusus kali ini Wawan Fitri menyampaikan pidato oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani menyampaikan apresiasi terhadap prestasi dan capaian kerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) selama tahun 2019 baik dalam sektor penerimaan, pelayanan maupun pengawasan. 

Sesuai dengan visi DJBC yaitu menjadi institusi kepabeanan terkemuka di dunia, diharapkan DJBC bekerja sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan oleh PBB. Adapun tujuan-tujuan tersebut adalah melayani rakyat, memastikan kemakmuran dan melindungi bumi. Sri mulyani juga menghimbau agar DJBC turut berperan aktif dalam kerjasama internasional dengan negara mitra maupun dengan organisasi internasional.
3
Bersamaan dengan kesempatan kali ini, DJBC juga meluncurkan secara resmi CEISA Command Center sebagai respon dalam memenuhi tema Hari Pabean Internasional tahun ini. CEISA Command Center adalah pusat komando dalam pengoperasian sistem pelayanan kepabeanan dan cukai nasional Indonesia. Diharapkan dengan CEISA Command Center DJBC dapan menjadi lebih responsif dalam memenuhi kebutuhan dan melayani stakeholder.

Menutup pidatonya, Sri Mulyani mengajak segenap pegawai DJBC untuk senantiasa menjaga komitmen, berdoa bersama-sama dan membulatkan tekad untuk mewujudkan institusi kepabeanan terkemuka didunia demi Bea Cukai yang Makin Baik.

4

By Bea Cukai Meulaboh| 28 Januari 2020| Kegiatan |