Peninggalan Bersejarah Meulaboh, Masjid Agung Baitul Makmur

1

Selamat Hari Jumat Sahabat Bang Johan.
Tak terasa besok sudah weekend aja nih. 
Sambil menanti weekend datang, yuk kita lihat sejarah dari Masjid Agung yang berada di Aceh Barat yaitu Masjid Agung Baitul Makmur yang beralamat di Jalan Imam Bonjol, Desa Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.
2
Masjid Agung Baitul Makmur ini merupakan Bangunan Bersejarah yang berada di Meulaboh. Bangunan Masjid Baitul Makmur ini memiliki gaya arsitektur perpaduan Timur Tengah, Asia dan Aceh serta warna cokelat cerah dengan kombinasi warna merah bata di kubah masjidnya. Masjid ini diresmikan pada tanggal 1 Juni 1999, memiliki luas bangunan utama 3500 meter persegi dan berdiri diatas lahan 6000 meter persegi serta dapat menampung hingga 7000 jamaah. 
3
Sahabat Bang Johan tau tidak kalau Meulaboh itu menjadi salah satu daerah yang terkena dampak terbesar pada tsunami di Aceh tahun 2004. Masjid Baitul Makmur ini menjadi saksi peristiwa tersebut dan menjadi tempat perlindungan saat Tsunami yang melanda 26 Desember 2004 silam.
4
Masjid Baitul Makmur ini juga memiliki fasilitas yang lumayan lengkap dengan adanya fasilitas seperti bangunan Madrasah Ibtidaiyyah, Dinniyah, Tsasnawiyah dan bangunan TK Al-Quran untuk pendidikan anak di sekitar wilayah tersebut.

Tentunya Masjid Agung Baitul Makmur ini menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi untuk Sahabat Bang Johan yang sedang berwisata ke Aceh Barat.

By Bea Cukai Meulaboh| 24 Januari 2020| Kegiatan |