Think Globally, Act Locally – Bea Cukai Meulaboh Sharing

1

Selasa (14/1) salah satu agenda mingguan yang dimiliki Bea Cukai Meulaboh adalah Selasha (Semangat Belajar Sharing). Untuk kegiatan Selasha perdana di tahun ini dibuka oleh kepala kantor, Muhammad Alim Fanani. Selasha kali ini mengusung tema “Sepakbola: Think Global, Act Local”

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Eko Achmad Santoso, kemudian dilanjutkan oleh Muhammad Alim Fanani yang memaparkan materi. Beliau memulai pemaparan materi dengan penampilan cuplikan video jenaka mengenai sepak bola.
2
Dilanjutkan materi dengan melemparkan pertanyaan mengenai perbedaan perlombaan dengan pertandingan. Kemudian beliau menjawab bahwa perbedaan kedua hal tersebut terletak dalam tujuannya. Sebuah perlombaan bertujuan untuk mencapai posisi atau peringkat teratas, sedangkan pertandingan bertujuan untuk mengalahkan lawan main.

“Kita ini bekerja di kantor ini ibaratkan sebuah tim sepak bola, semua orang memiliki peran masing-masing yang berbeda. Ada yang menjadi striker, back, keeper, ataupun cadangan. Kita semua “bermain” dengan satu tujuan yang sama, yaitu memasukkan bola ke gawang lawan. Seperti itu juga dalam hal pekerjaan kita memilki perannya masing-masing dengan tujuan mencapai goal atau target yang telah kita tetapkan. Ketika kita semua mencapai target yang telah dipatokkan yang ikut merasakan buah kemenangannya adalah kita semua atau bahkan penonton dirumah, dalam hal ini masyarakat Indonesia” ujar beliau dalam menjelaskan analogi kantor sebagai tim sepakbola.

Pemain sepakbola kelas atas seperti Ronaldo yang latar belakangnya adalah orang Portugal harus mengerti bahasa asing yang dipakai oleh pelatihnya dalam mengikuti pelatihan. Hal ini juga seperti pekerjaan Bea Cukai yang berkutat dengan pihak internasional diharapkan memiliki bekal bahasa asing yang memadai. beliau juga berpesan agar selalu meningkatkan kompetensi masing-masing. Diharapkan semua mengeluarkan potensi dan energi positif dalam bekerja. 
3
Sesi sharing ditutup dengan pesan bahwa kita tidak boleh hanya memetik buah perkembangan ekonomi masyarakat tapi juga harus menanam biji pembangunan dengan mendukung pengembangan potensi daerah melalui bidang kepabeanan dan cukai.

Selasha adalah sebuah program yang diadakan dengan tujuan meningkatkan Public Speaking Skill para pegawai Bea Cukai Meulaboh, dimana setiap orang mendapat giliran setiap minggunya.

By Bea Cukai Meulaboh| 15 Januari 2020| Kegiatan |