Liputan Khusus Checking Kapal - Bea Cukai Meulaboh

1

Selasa (31/12) Bea Cukai Meulaboh Melaksanakan Pemeriksaan Sarana Pengangkut Laut (Boatzoeking) berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor P-53/BC/2010 tentang Tatalaksana Pengawasan. Pemeriksaan sarana pengangkut dilakukan dengan melakukan pemeriksaan dokumen sarana pengangkut atau barang dan fisik barang untuk menentukan ada atau tidaknya pelanggaran.
2
Sebelum melaksanakan pemeriksaan sarana pengangkut, pegawai yang ditunjuk untuk melaksanakan tugas, terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa pegawai tersebut dalam kondisi prima untuk melakukan tugas.
3
Dilanjutkan dengan peminjaman bodycam pada Seksi Kepatuhan Internal. Bodycam berfungsi untuk memenuhi kepatuhan pelaksanaan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), sebagai dasar pembuatan kebijakan. .
Pada saat keberangkatan, terlebih dahulu dilakukan briefing oleh tim boatzoeking untuk mengingatkan hal-hal yang perlu diatensi. Dalam pelaksanaannya, petugas memeriksa dokumen kapal dan barang bawaan awak kapal untuk memastikan tidak ada pelanggaran yang berdampak pada penerimaan negara. Dalam pemeriksaan ini tim boatzoeking memeriksa obat-obatan yang dibatasi penggunaannya di atas kapal, barang bawaan awak kabin, dan barang bawaan kapal. Setelah pemeriksaan selesai dilaksanakan, tim kembali ke kantor untuk menyerahkan laporan pemeriksaan.

4

Pemeriksaan sarana pengangkut ini merupakan salah satu pengawasan yang dilakukan oleh Bea Cukai untuk mengamankan negara kita dari barang-barang yang perlu untuk diawasi.

By Bea Cukai Meulaboh| 31 Desember 2019| Kegiatan |