Upayakan Ekspor, Bea Cukai Meulaboh Lakukan FGD Dengan Pelaku Usaha CPO di Wilayah Barat Selatan Aceh

1
Bertempat di aula Bea Cukai Meulaboh, Kamis 5 Desember 2019 diadakan Coffee Morning yang bertemakan “Pemanfaatan Fasilitas Kepabeanan Tempat Penimbunan Berikat komoditas CPO”. Acara dibuka oleh Akbar Harfianto selaku Kepala Bea Cukai Meulaboh. Dalam sambutannya Akbar menyampaikan bahwa “kami ingin menawarkan fasilitas di bidang kepabeanan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kepada para pelaku usaha untuk mendorong kegiatan ekspor di wilayah barat-selatan Aceh” ujarnya. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Wawan Fitri Asmanto, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis.

2

Acara ini diikuti oleh para pelaku usaha komoditas Crude Palm Oil (CPO) yang ada di wilayah barat-selatan Aceh yang meliputi PT. Calang Sejati Indah, PT. Karya Tanah Subur, PT. Surya Panen Subur, PT. Fajar Baizury, dan PT. Socfin Indonesia. Dalam penyampaian materi, Wawan menyampaikan berbagai macam keuntungan dan manfaat untuk para pelaku usaha pengguna fasilitas kepabeanan baik di sector fiscal maupun non-fiskal. Wawan juga menyampaikan tentang berbagai macam fasilitas kepabeanan yang ada untuk mendukung dan memudahkan para pelaku usaha pengguna fasilitas seperti Kaawasan Berikat (KB) dan Pusat Logistik Berikat (PLB). 

3

Hal ini disambut baik oleh pelaku usaha komoditas CPO yang ada diwilayah barat-selatan Aceh, “kami sangat mengapresiasi Bea Cukai Meulaboh yang terus berupaya untuk mendorong ekspor CPO yang ada di wilayah Aceh”, ujar salah satu pelaku usaya yang mengikuti diskusi. Diskusi berjalan dengan lancar dimana para pelaku usaha saling bertukar pikiran dalam memaparkan masalah dan solusi dalam melakukan kegiatan ekspor khususnya CPO. Bea Cukai Meulaboh akan terus mendorong ekspor yang ada di wilayah Aceh, Bea Cukai Meulaboh akan melakukan asistensi khusus dan mendalam antara pelaku usaha dengan Bea Cukai Meulaboh untuk membantu dan mensukseskan ekspor di wilayah barat-selatan Aceh.

Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah diskusi antara para pelaku usaha dan Bea Cukai Meulaboh utuk bertukar informasi dan solusi terkait pemanfaatan fasilitas kepabeanan, dimana hal ini akan sangat membantu dan memudahkan para pelaku usaha khususnya ekspor CPO di wilayah barat-selatan Aceh.

4

By Bea Cukai Meulaboh| 06 Desember 2019| Kegiatan |