Sharing Mengenal Mesin Bensin dan Diesel, Bea Cukai Meulaboh Selasha

Seperti biasa setiap hari Selasa, Bea Cukai Meulaboh adakan Semangat Belajar Sharing (Selasha) di Aula Bea Cukai Meulaboh. Selasha kali ini diadakan pada 26 November 2019 memiliki tema "Mengenal Mesin Bensin dan Diesel".
1
Acara dibuka oleh Eko Achmad Santoso, Kepala Kepatuhan Internal dan Penyuluhan yang dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh saudara Juanda Rosihan. Dalam pemaparannya, saudara Juanda menjelaskan mengenai gambaran umum Mengenal Mesin Bensin dan Diesel ini.

"Mesin bensin adalah sebuah tipe mesin pembakaran dalam yang menggunakan nyala busi untuk proses pembakaran, dirancang untuk menggunakan bahan bakar bensin atau yang sejenis sedangkan untuk Mesin Diesel (atau mesin pemicu kompresi) adalah motor bakar pembakaran dalam yang menggunakan panas kompresi untuk menciptakan penyalaan dan membakar bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Mesin ini tidak menggunakan busi seperti mesin bensin atau mesin gas." ujar Juanda.

2

Setiap jenis mesin ini memiliki kelebihan masing-masing. Untuk mesin Besin memiliki kelebihan seperti Dapat dioperasikan pada rpm tinggi, Tenaga maksimum (max. power) lebih tinggi, Akselerasi terasa lebih mantap, Getaran dan suara mesin terasa lebih halus sedangkan Mesin Diesel memiliki kelebihan antara lain Tenaga dan torsi maksimum mudah didapat pada rpm rendah, Torsi puncak (peak torque) lebih tinggi, Mampu membawa beban berat dan jago di tanjakan, Mesin lebih kokoh

Selasha merupakan acara untuk saling berbagi informasi serta sarana pembelajaran bagi pemateri untuk berbicara di depan umum (Public Speaking). Tentunya selasha kali ini bisa bermanfaat bagi audience dan pemateri lebih mengenal tentang Mesin khususnya Mesin Bensin dan Mesin Diesel yang digunakan seperti mobil.

3

By Bea Cukai Meulaboh| 26 November 2019| Kegiatan |