Cicipi Sajian Lontong Sayur Khas Meulaboh

Hai Sahabat Bang Johan, buat Sahabat Bang Johan yang suka lontong kali ini Bang Johan akan memberi sedikit informasi tentang lontong sayur. Lontong sayur merupakan sajian khas Aceh khususnya Meulaboh yang menjadi incaran masyarakat saat perayaan besar keagamaan, namun seiring dengan adanya perubahan selera, kini lontong sayur menjadi sajian yang paling sering diburu ketika pagi hari.

1
Lontong disajikan dengan sayur berkuah santan yang berisi wortel, labu siam, buncis atau kacang panjang, dan tomat. Dengan tambahan kuah gulai daging rendang dan tauco udang, rasa lontong pun menjadi pedas dan menggugah selera. Lontong sayur ala Aceh khususnya Meulaboh ini berbeda dengan lontong sayur pada umumnya di berbagai daerah seperti Jawa. Di Jawa, lontong dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa yang kita kenal dengan sebutan ketupat. Sementara di Meulaboh, beras yang akan dimasak menjadi lontong dimasukkan ke dalam bungkusan daun pisang hingga membentuk tabung panjang dan direbus dengan air dibawah tungkuan nyala api sehingga nasi akan lebih padat dalam balutan daun pisang. Lontong sayur khas Meulaboh menggunakan kuah dari santan yang dicampur dengan berbagai macam sayuran didalamnya. 


Lontong sayur khas Meulaboh dapat kita temui di sepanjang jalan Manekroo dan Imam Bonjol, Meulaboh. Lontong sayur juga menjadi sarapan favorit warga di pagi hari selain nasi gurih, karena porsi yang disajikan akan cukup mengenyangkan dan tidak merogoh kocek lebih dalam. “Lontong sayur di Meulaboh sangat enak, berbeda dengan lontong sayur yang pernah saya temui di Jawa, kuah santan dan rasa gurih pedas menambah selera makan di pagi hari”, ujar Purnomo warga pendatang Meulaboh. Kita tidak perlu merogoh kocek dalam untuk menikmati sepiring sajian lontong sayur, cukup dengan Rp 10.000,00 kita sudah dapat menikmati hidangan khas ini. Selain itu, sajian lontong sayur khas Aceh khususnya Meulaboh juga bisa Sahabat Bang Johan temui di beberapa tempat makan di Aceh.


Nah cukup sekian pengenalan tentang “Lontong Sayur” ini. Buat Sahabat Bang Johan jika ada menu khas daerah Meulaboh ataupun tempat wisata yang sering Sahabat Bang johan kunjungi bisa di tambahkan di kolom komentar ya untuk kita liput bersama. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua tentang kuliner tradisional dari Indonesia.

2

By Bea Cukai Meulaboh| 15 November 2019| Kegiatan |