Internalisasi Pengaduan Masyarakat, Whistle Blowing dan Benturan Kepentingan

1

Bertempat di Aula Bea Cukai Meulaboh 7 November 2019, Bea Cukai Meulaboh melaksanakan Internalisasi Pengaduan Masyarakat, Whistle Blowing (Pelaporan Pelanggaran) dan Benturan Kepentingan. Pelaksanaan ini didasarkan dari komitmen Bea Cukai Meulaboh untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Acara intenaliasi ini dibuka oleh Akbar Harfianto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Meulaboh yang dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Irvan selaku Kepala Urusan Rumah Tangga.
2
Penyampaian materi dimulai dengan pengenalan tentang apa yang dimaksud dengan pengaduan masyarakat, mengapa masyrakat mengadu, dan pentingnya pengaduan masyarakat. “ Masyarakat  yang mengeluh akan menyampaikan keluhannya kepada 8 s/d 10 orang lainnya karena itu penting bagi kita untuk mengetahui pengaduan masyarakat dan memberikan solusi yang tepat atas pengaduan tersebut” tuturnya. 

Beliau juga menjelaskan betapa pentingnya penanganan Whistle Blowing (Pelaporan Pelanggaran) karena melaporkan suatu pelanggaran merupakan bukti nyata kita dalam memberantas korupsi. Beliau juga menyampaikan bahwa kita harus memperhatikan tentang penyalahgunaan wewenang dalam pelaksanaan tugas dikarenakan suatu hubungan tertentu yang mana dalam hubungan tersebut mengakibatkan pengambilan kebijakan yang menguntungkan salah satu pihak atau yang biasa kita sebut Benturan Kepentingan.

3

Penanganan atas berbagai keluhan  tersebut harus menjadi titik utama kita dalam mewujudkan kantor Bea Cukai Meulaboh menjadi Wilayah Bebas Korupsi.

4

By Bea Cukai Meulaboh| 09 November 2019| Kegiatan |