Cita Rasa Khas Hidangan Pagi di Meulaboh

Sebagai negara agraris, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan produksi beras yang sangat melimpah. Tak mengherankan, nasi menjadi salah satu makanan pokok yang wajib terhidang dalam setiap santap makan. Nasi Gurih adalah salah satu kuliner yang terkenal di Provinsi Aceh khususnya di Meulaboh. Tidak seperti masakan nasi pada umumnya, Nasi Gurih ini mempunyai cita rasa dan aroma yang khas dari nasi pada umumnya.

1
Nasi Gurih dapat kita temui di sepanjang jalan Manekroo dan Imam Bonjol, Meulaboh. Nasi Gurih menjadi sarapan favorit warga di pagi hari, karena porsinya yang pas dan tidak merogoh kocek lebih dalam. “Saya sering sarapan nasi gurih, rasanya enak, banyak pilihan, dan harganya tidak terlalu mahal”, ujar Ardi warga sekitar Meulaboh. 
Dalam proses pembuatannya, Nasi Gurih tersebut menggunakan air santan pada proses memasaknya, sehingga menimbulkan rasa yang nikmat. Beras dimasak bersama santan, daun salam, daun jeruk, dan berbagai macam bumbu dapur lainnya. Setelah santan kering kemudian nasi di angkat dan di kukus hingga matang. Pada penyajiannya, Nasi Gurih ini biasa di sajikan dengan lauk pauk seperti tahu, tempe, sambal, ayam goreng dan taburan bawang goreng. Sebagai menu tambahan bisa di sajikan juga bersama dengan udang goreng, empal, telur dadar, dan juga lalapan. Sehingga saat menyantapnya bersama dengan lauk pauk dan sayuran memiliki cita rasa yang nikmat.


Nah cukup sekian pengenalan tentang “Nasi Gurih”. Buat Sahabat Bang Johan jika ada menu khas daerah Meulaboh ataupun tempat wisata yang sering Sahabat Bang johan kunjungi bisa di tambahkan di kolom komentar ya untuk kita liput bersama. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua tentang kuliner tradisional dari Indonesia.

2

By Bea Cukai Meulaboh| 01 November 2019| Kegiatan |