Tim Desk Fasilitas dan Ekspor Beacukai Meulaboh melakukan Permohonan Uji Laboratorium terhadap Contoh Barang Ekspor Curah milik PT. Calang Sejati Indah

Kamis, 10 Oktober 2019, guna memperlancar rencana kegiatan ekspor CPO perdana di Wilayah Barat-Selatan Aceh, Tim Desk Fasilitas dan Ekspor KPPBC TMP C Meulaboh mengantarkan barang contoh/ sampel cairan berwarna jingga di dalam dua kemasan botol plastik kepada Balai Laboratorium Bea dan Cukai (BLBC). Uji laboratorium ini dilaksanakan untuk memastikan jenis contoh barang ekspor curah.
1
Hal ini berdasarkan pasal 6 ayat (2) Peraturan Kementerian Keuangan nomor 22/PMK.04/2019 yang menyatakan bahwa ekspor barang berupa kelapa sawit, CPO, dan produk turunannya dilengkapi dengan Dokumen Pelengkap Pabean berupa hasil pengujian yang dilakukan oleh laboratorium milik DJBC.

Setelah dilakukan uji laboratorium selama kurang lebih 3 jam kerja, maka BLBC Kelas II Medan menerbitkan Surat Hasil Pengujian dan Identifikasi Barang (SHPIB). 

Hasil uji tersebut menerangkan bahwa dari hasil pengujian menggunakan Ordinary Laboratory Aparatus, FTIR, penentuan asam lemak bebas, dan penentuan bilangan iodine diperoleh bahwa contoh uji merupakan minyak nabati dengan kandungan utama trigliserida. Masing-masing contoh uji memiliki kadar asam lemak bebas 3,51% dan 3,69% (sebagai asam palmitat) dan bilangan iodine 53,06 gl2/100g. Contoh uji tidak larut dalam air, dan larut dalam kloroform. Sehingga BLBC Kelas II Medan berkesimpulan bahwa contoh uji merupakan minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil).

2

By Bea Cukai Meulaboh| 15 Oktober 2019| Kegiatan |