Rapat Koordinasi UKI se-Kanwil Aceh

Rabu, 9 Oktober 2019, bertempat di Aula lantai III Kanwil DJBC Aceh, diadakan Rapat Koordinasi Kepatuhan Internal (Rakor KI) selama 2 hari (9- 10 Oktboer 2019) . Rapat ini dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Kanwil DJBC Aceh. Mochammad Ardani, Kepala Bagian Umum selaku Plh. Kepala Kanwil DJBC Aceh didampingi Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Endang Worokesti selaku Kepala Bidang Kepatuhan Internal memimpin jalannya kegiatan. Tepat pukul 08.30 WIB rapat resmi dibuka kemudian dilanjutkan dengan pemaparan terkait poin- poin yang akan dibahas pada Rakor KI.

1
Pada kesempatan kali ini seluruh satker memaparkan permasalahan yang dihadapi terkait bidang kepatuhan internal di masing-masing satker dan berbagai masukan untuk lebih meningkatkan peran Unit Kepatuhan Internal. Bea Cukai Meulaboh menyampaikan beberapa permasalahan dalam rapat  ini, salah satunya terkait Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Lingkungan KPPBC TMP C Meulaboh yang belum lama ini dicanangkan. Akbar Harfianto,Kepala KPPBC TMP C Meulaboh, sangat serius akan hal ini. Beliau meminta agar Bidang Kepatuhan Internal untuk terus mengasistensi dan membimbing Bea Cukai Meulaboh menuju Wilayah Bebas dari Korupsi. Disamping itu juga dipaparkan beberapa masukan, Eko Achmad Santoso selaku Kepala Seksi KIP KPPBC TMP C Meulaboh, menyampaikan perlu untuk dibentuk Bank IKU sebagai sumber database kinerja di Kanwil DJBC Aceh.  Masukan ini disambut baik oleh Bidang kepatuhan internal  dan direncanakan akan ditindak lanjuti dengan diskusi lebih mendalam lagi kedepannya.


Setelah pemaparan permasalahan dan masukan setiap satker, Rakor KI dilanjutkan dengan bimbingan teknis di esok harinya. Bimbingan teknis (Bimtek) tersebut meliputi Office DJBC (aplikasi persuratan online yang dikembangkan DJBC), bimtek Team Central yaitu aplikasi dari Inspektorat Jenderal terkait tindak lanjut temuan, bimtek pengelolaan kinerja dan bimtek Tingkat Kemandirian Penerapan Manajemen Resiko (TkPMR).
Diharapkan dengan dilaksanakannya rapat koordinasi Kepatuhan Internal se-Kanwil Aceh dapat semakin meningkatkan sinergi dan peran UKI untuk makin baik.

2

By Bea Cukai Meulaboh| 13 Oktober 2019| Kegiatan |