Bea Cukai Meulaboh mengenal Kepribadian

Kepribadian merupakan topik yang sangat menarik untuk dipelajari. Tak heran jika kepribadian masuk dalam kategori pembelajaran yang paling banyak diteliti dalam psikologi. Hasil dari penelitian ini, psikolog telah banyak belajar tentang hal – hal yang memengaruhi kepribadian serta bagaimana kepribadian memengaruhi perilaku Individu.
1
Pada hari ini, Selasa 1 Oktober 2019 dilaksanakan kegiatan "Selasha" usai Shalat Ashar di Mushalla Baitut Tarbiyah Bea Cukai Meulaboh. Acara ini dibawakan oleh Saudara Fioreza dengan tema "Personalities". Kepribadian adalah keseluruhan sikap, ekspresi, perasaan, temparmen, ciri khas dan juga prilaku seseorang. Sikap perasaan ekspresi & tempramen tersebut akan terwujud dalam tindakan seseorang kalau di hadapkan kepada situasi tertentu. Setiap orang memiliki kecenderungan prilaku yang baku/berlaku terus menerus secara konsisten dalam menghadapai situasi yang sedang di hadapi, sehingga jadi ciri khas pribadinya.

Dalam pemaparannya, Fio menjelaskan tentang penggunaan MBTI (Myer Briggs Type Indicator) sebagai contoh untuk mengetahui kepribadian masing-masing pegawai. MBTI mempunyai 4 (empat) indikator kecendurungan kepribadian individu, seperti Extrovert dan Introvert, Sensing dan Intuition, Thinking dan Feeling, serta Judging dan Perceiveing. "Sedangkan tipenya sendiri terbagi menjadi 16 bagian yang diperjelas dan lebih terperinci lagi" ujar Fio.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan pegawai Bea Cukai Meulaboh dalam mengenal dan memahami karakteristik dari macam-macam kepribadian serta terus berbenah dalam memperbaiki diri demi tercapainya tujuan organisasi.

2

By Bea Cukai Meulaboh| 02 Oktober 2019| Kegiatan |