Sensasi Kopi Terbalik khas Meulaboh

Hai Sahabat Bang Johan, sudah hari jumat nih saatnya Bang Johan untuk sharing Informasi Jamuan dan Tempat di Meulaboh dan sekitarnya. Kali ini Bang Johan berkesempatan untuk mencicipi Jamuan yang Khas di Meulaboh yaitu Kopi Khop atau Kopi Terbalik, selain terkenal dengan sajian Mie Aceh yang melegenda kopi ini juga termasuk salah satu yang mendunia loh. Selain karena keunikannya kopi ini juga sangat nikmat loh Sahabat Bang Johan.
1
Selain terkenal dengan kota Serambi Mekah, Aceh sangat terkenal dengan kopinya. Bahkan sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Begitu juga dengan warung kopi yang menjamur, mulai dari yang masih tradisional di pendalaman kampung hingga warung kopi dengan gaya premium di perkotaan. Tak ayal kalau Aceh khususnya Meulaboh terkenal dengan berbagai ragam cita rasa kopinya.

Terdapat keunikan tertentu dalam penyajian kopi khususnya di Meulaboh. Meulaboh terkenal akan kopi khop atau kopi telungkup. Dari kisahnya, konon katanya kopi dengan gelas telungkup ini bermula ketika kebiasaan masyarakat Aceh Barat yang tinggal di pesisir pantai sebagai nelayan. Mereka ingin meminum kopi dengan waktu yang lama. Hanya sekali teguk, lalu mereka pergi melaut. Jadi agar kopi mereka tetap terjaga maka ditelungkupkan. 

Berbeda dengan penyajian kopi pada umumnya, di tanah Teuku Umar ini terdapat kopi yang disajikan dengan gelas terbalik di atas tatakan gelas kacanya. Konon, gelas kopi yang dibalik terinspirasi dari model topi Pahlawan Nasional Teuku Umar. Kopi Khop banyak dijumpai di pesisir Aceh Barat, selain itu kopi yang disajikan terbalik ini memengaruhi cita rasa yang ditawarkan karena aroma kopi tetap terjaga dalam gelas.

2


Terdapat teknik khusus untuk menikmati kopi jenis robusta ini. "Kalau mau minum, pipet yang diselip itu harus ditiup agar kopinya keluar sedikit demi sedikit ke piring baru bisa dinikmati, " ujar Mawardi (32), pemilik salah satu kafe, di pinggiran pantai Suak Ribee, Meulaboh, Aceh Barat. Buat sahabat Bang Johan yang pernah mencicipi pasti akan ketagihan, Bang Johan sudah pernah nih. Ditunggu kedatangannya di Meulaboh ya Sahabat Bang Johan yang ada di luar Meulaboh. #visitmeulaboh #visitaceh

By Bea Cukai Meulaboh| 20 September 2019| Kegiatan |