Bang Johan Mengudara di RRI Meulaboh edisi Barang Kiriman

Bea Cukai adalah instansi yang memiliki kaitan erat dengan arus lalu lintas keluar masuknya barang di Indonesia. Selain mengawasi barang yang keluar masuk di Indonesia, Bea Cukai juga mempunyai misi untuk mengedukasi kepada masyarakat mengenai aturan yang berlaku tentang Kapebeanan dan Cukai di negara kita.

1

Dalam rangka melakukan edukasi dan komunikasi masyarakat, kali ini Bea Cukai Meulaboh melakukan siaran radio di Radio Republik Indonesia (RRI) Meulaboh. Siaran ini berlangsung pada Rabu, 17 September pukul 16.00WIB yang mengangkat tema Barang Kiriman. Pada kesempatan kali ini Bang Johan mewakilkan Saudara Oscar dan Holky untuk menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.

Saudara Oscar dan juga Saudara Holky menjelaskan secara umum apa itu Barang Kiriman serta aturan mengenai Barang Kiriman yang berlaku di Indonesia. Dalam wawancara bersama Saudara Arif dari pihak RRI Meulaboh ini, terbilang menarik karena maraknya barang kiriman yang ada di Indonesia. Banyak masyarakat yang mungkin belum tau tentang batasas pembebasan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) yang dibebaskan untuk barang kiriman ini. Untuk barang kiriman yang diimpor untuk dipakai dapat diberikan pembebasan bea masuk dengan nilai pabean paling besar FOB USD 75. Nilai pembebasan tersebut diberikan kepada setiap orang untuk satu atau lebih pengiriman barang dengan jumlah nilai tidak melebihi dari nilai yang telah ditentukan. "Apabila jumlah nilai barang tersebut melebihi batas jumlah nilai yang telah ditentukan maka bea masuk dan pajak dalam rangka impornya dipungut atas seluruh nilai pabean barang kiriman tersebut" ujar Oscar.

Bea Cukai selaku instansi yang bertugas sebagai pengawas barang yang keluar masuk ke Indonesia, juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai aturan yang berlaku di Indonesia mengenai Kepabeanan dan Cukai.

2

By Bea Cukai Meulaboh| 18 September 2019| Kegiatan |