Bea Cukai Meulaboh Lakukan HTP di Aceh Selatan

Aceh Selatan, 8 September 2019 Bea Cukai Meulaboh kembali melaksanakan monitoring Harga Transaksi Pasar (HTP) barang kena cukai khususnya hasil tembakau berupa rokok di wilayah selatan aceh. Pemantuan Harga Transaksi Pasar ini merupakan tim kedua yang sebelumnya sudah melakukan HTP pada wilayah Aceh Jaya. Pemantauan ini dilaksanakan selama enam hari di daerah Aceh Selatan yang meliputi Kec. Suro makmur dan singkil utara di Kab. Singkil, Kec. Longkib di Subulussalam, Kec. Trumon tengah di Aceh Selatan 

1

Pemantauan harga jual rokok ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia setiap 3 bulan dan hasil dari pemantauan ini dapat dijadikan pertimbangan dalam penyusunan tarif cukai kedepannya. Kegiatan monitoring HTP yang dilakukan yaitu dengan mendatangi toko eceran rokok baik toko modern maupun tradisional dimana rokok diletakkan di etalase tersendiri, lalu membandingkan harga jual eceran yang ada di pita cukai yang menempel pada bungkus rokok dengan harga jual eceran yang dijual oleh toko yang bersangkutan.

Dalam pemantauan harga, Bea Cukai Meulaboh juga melakukan sosialisasi mengenai rokok ilegal dan memasang stiker yang memuat ciri-ciri rokok ilegal. Sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi komunikasi dalam hal mengetahui tingkat harga jual khususnya hasil tembakau pada pedagang eceran di wilayah pemantauan, dan sekaligus pengawasan terhadap peredaran rokok illegal yang sesuai dengan arahan kementerian keuangan untuk menekan peredaran rokok ilegal menjadi 3% di tahun 2019.

2

By Bea Cukai Meulaboh| 14 September 2019| Kegiatan |