SIDAK Pengawasan Bongkar di Pelabuhan Calang

Dalam rangka penguatan integritas, KPPBC TMP C Meulaboh melalui unit Kepatuhan Internal dan Penyuluhan pada hari Jum’at tanggal 06 Sepetember 2019 melakukan inspeksi mendadak untuk melihat tingkat kepatuhan petugas dalam rangka mengawasi pembongkaran barang impor di pelabuhan Calang.

1
Inspeksi mendadak (SIDAK) ini merupakan tindak lanjut dari rencana pencanangan Zona Integritas menuju WBK /WBBM yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September ini. Sidak ini dilaksanakan langsung oleh Tim dari subseksi KPT yang meliputi pemeriksaan keberadaan petugas dan pemeriksaan barang bawaan , tas dan hal- hal lain yang diperlukan untuk dilakukan pemeriksaan.

Dalam pemeriksaan tersebut didapat hasil yang positif terkait tingkat kepatuhan petugas yang melaksanaan pengawasan pembongkaran tersebut. Petugas yang berjumlah 2(dua) orang berada di pelabuhan Calang untuk mengawasi pembongkaran barang impor berupa Tiang Pancang untuk proyek Pembangunan PLTU Nagan Raya dari Sarana pengangkut berbendera Vietnam MV. Giang Hai.

Pelaksanaan Pengawasan pembongkaran diperkirakan selesai pada hari itu karena sisa tiang pancang yang belum dibongkar hanya 17 tiang dari total keseluruhan 848 buah tiang

Pelaksanaan Sidak atas kepatuhan ini akan terus dilakukan secara acak oleh unit Kepatuhan Internal dan Penyuluhan terhadap seluruh unit layanan yang berada di lingkungan KPPBC Meulaboh. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar seluruh kegiatan berjalan sesuai Standar operasional dan prosedur yang berlaku maupun sebagai bahan evaluasi terhadap seluruh SOP tersebut.

2

By Bea Cukai Meulaboh| 07 September 2019| Kegiatan |