Cita Rasa Khas Aceh

Halo sahabat Bang Johan, kali ini kita berkesempatan khusus untuk meliput kuliner yang ada di Meulaboh nih. Beru sekali, kali ini kita akan membuat liputan khusus makanan yang khas di daerah Aceh yaitu Mie Aceh. Mie Aceh merupakan masakan yang khas dari daerah Aceh yang memiliki keunikan khusus, khususnya untuk para pecinta kuliner di tanah air. Kenapa sih, kami kategorikan khusus ? karena mie pada umumnya menggunakan kuah kaldu ataupun kuah bening lainnya, akan tetapi mie Aceh menggunakan kuah kari kental sehingga cenderung pedas dalam penyajiannya.
1
Jenis kuliner ini tidak terlepas dari budaya lokal masyarakat Aceh serta pengaruh budaya asing yang masuk dalam wilayah Aceh. Kuah kari yang cukup kental ini merupakan suatu pengaruh dari masakan India, sementara mie merupakan pengaruh dari China. Perbedaan utama mie Aceh dari hidangan mie dari daerah-daerah lain terletak pada racikan bumbu yang lebih tajam dan kaya akan rempah-rempah. Racikan bumbu yang relatif lebih banyak di dalam setiap porsi mie Aceh membuat rasa bumbu-bumbu ini memiliki cita rasa yang kuat di mulut.

Dalam proses pembuatannya, mie Aceh ini menggunakan mie yang berbentuk tebal dan pipih. Untuk warnanya cenderung berwarna kuning yang menambah nilai estetik pada hidangan ini. Bumbu atau kuah yang digunakan adalah semacam kuah kari yang dapat memberikan cita rasa yang khas. Dalam penyajiannya, mie Aceh secara umumnya disajikan dalam tiga jenis, yaitu mie goreng kering, mie goreng basah, dan mie goreng kuah. Mie Aceh biasa disajikan dengan daging ataupun aneka masakan laut yang bisa kita pilih sesuai dengan selera kita seperti udang, kerang, cumi-cumi, kepiting, dan lainnya. Menu pelengkap dalam penyajian mie Aceh biasanya ditambahkan dengan bawang goreng, kerupuk, mentimun, dan juga jeruk nipis.

Mie Aceh telah menjadi salah satu kuliner yang sangat populer. Masakan satu ini banyak kita temui di warung – warung yang ada di Aceh. Kuliner satu ini sangat di rekomendasikan buat sahabat Bang Johan yang akan berkunjung ke Aceh. Banyak pengunjung yang mengatakan, kurang lengkap rasanya bila berkunjung ke Aceh tanpa mencicipi masakan khas yang satu ini. Khusus untuk sahabat Bang Johan yang ingin mencoba sensasi kuliner ini langsung dari Aceh dijamin luar biasa sensasinya, yuk #visitAceh.

2

By Bea Cukai Meulaboh| 06 September 2019| Kegiatan |