Tingkatkan Pengawasan, Bea Cukai Meulaboh Lakukan Pengujian Batubara

Bertempat di aula KPPBC TMP C Meulaboh, Kamis 1 Agustus 2019 diadakan pengenalan pengujian batubara dengan surveyor dari PT. Geoservice cabang Aceh Barat. 

Pengenalan Seputar Batubara - 1
Acara dibuka oleh Akbar Harfianto, Kepala KPPBC TMP C Meulaboh dan Wawan Fitri Asmanto, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis.
Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Pak Yoga selaku pihak dari geoservice.

Materi yang dibahas tentang Proses tahapan penetapan kualitas batu bara yang meliputi proses sampling batu bara, preparasi sample batu bara, dan analisis dasar batu bara.

Sampling batubara adalah proses pengambilan sebagian contoh dari suatu material yang mewakili dari keseluruhan material. Preparasi sample batu bara adalah pengurangan massa dan ukuran gross sample sampai pada massa dan ukuran yang cocok untuk dianalisisi. Analisis batu bara adalah proses untuk dapat menentukan kualitas batubara yang diperiksa berdasarkan sifat-sifat fisik dan kimia yang dimilikanya.

Diharapkan kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pegawai Bea Cukai Meulaboh mengenai batubara, dimana hal tersebut berkaitan dengan pengawasan dan pelayanan beacukai terhadap eksportasi batubara.

Pengenalan Seputar Batubara - 2

By Bea Cukai Meulaboh| 01 Agustus 2019| Kegiatan |