Lakukan Studi Banding, Bea Cukai Meulaboh Perkuat Penyidikan

Jakarta 24 Juli 2019, sebagai salah satu Instansi yang melindungi masyarakat terhadap peredaran barang ilegal dan pengamanan penerimaan negara. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melalui KPPBC TMP C Meulaboh melaksanakan studi banding terkait Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di Kantor Wilayah DJBC Jakarta.

Studi Banding KPPU - 1

Pada kesempatan ini, Ade Fitriansyah selaku Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Meulaboh menyampaikan kepada Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Jakarta terkait kegiatan penyidikan yang sudah dilakukan dan berpotensi untuk dinaikkan perkaranya menjadi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) berdasarkan bukti-bukti yang didapat oleh penyidik. Dalam hal ini, tim studi banding mempelajari gambaran umum tentang penyidikan TPPU yang sudah dilakukan Kanwil DJBC Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang P2 Kanwil DJBC Jakarta Agus Wahyono beserta jajaran pejabat eselon IV Kanwil DJBC Jakarta mendukung penuh terhadap kegiatan penyidikan dari KPPBC TMP C Meulaboh. Selain itu, tim studi banding melakukan studi kasus TPPU yang sudah dilakukan di Kanwil DJBC Jakarta yang dilanjutkan dengan diskusi serta bertukar pendapat mengenai penanganan kasus TPPU.

Pelaksanaan studi banding ini diharapkan dapat membantu Bea Cukai Meulaboh untuk melaksanakan kegiatan pengawasan dengan optimal terutama dalam penyidikan. Koordinasi antar Kantor Wilayah juga sangat diperlukan untuk menghadapi kasus-kasus yang terjadi di beberapa lokasi berskala nasional.

Studi Banding KPPU - 2

By Bea Cukai Meulaboh| 01 Agustus 2019| Kegiatan |