Customs Visit Gampong

Dalam menjalankan tugas dan fungsi untuk melindungi masyarakat sebagai Community Protector. Jumat, 12 Juli 2019 Bea Cukai Meulaboh kali ini mengadakan kegiatan "Customs Visit to Gampong" yang bertujuan untuk melakukan edukasi dan komunikasi kepada masyarakat serta memperkenalkan Bea Cukai khususnya Bea Cukai Meulaboh, dan juga informasi terkait Kepabeanan dan Cukai lengkap dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.
.
Acara ini bertempat di Aula Balai Desa Suak Raya, Suak Raya, Kec. Johan Pahlawan, Aceh Barat. Acara ini dibuka oleh Keuchik / Kepala Desa Suak Raya, Zainudin yang mewakili perangkat desa dan Eko Achmad Santoso selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Meulaboh.
.

Acara dilanjutkan pemaparan materi oleh Saudara Oscar Husein Richarnias mengenai pengenalan bea cukai beserta tugas dan fungsinya, penjelasan tentang Kepabeanan meliputi kegiatan impor dan ekspor, serta penjelasan tentang cukai lengkap dengan barang yang dikenakan cukai dan rokok ilegal serta ciri-cirinya.
.
Setelah pemaparan materi, diadakan sesi tanya jawab dari masyarakat tentang materi yang sudah disampaikan. Dalam Sesi tanya jawab ini, masyarakat sangat antusias dalam bertanya kepada Bea Cukai Meulaboh. Sedikit dari banyaknya pertanyaan yang diberikan seputar tentang rokok ilegal yang beredar dipasaran, penjelasan tentang pita cukai, lalu dampak yang didapat dari pihak yang menjual rokok ilegal. Dalam kesempatan ini Eko Achmad menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dan sinergi masyarakat kepada Bea Cukai Meulaboh "Saya ucapkan terimakasih kepada bapak ibu sekalian atas dukungan dan suport kepada bea cukai, dan ini menjadi sinergi yang baik bea cukai dengan masyarakat dalam memerangi rokok ilegal", ujarnya.
.
Acara ini merupakan kegiatan pertama sosialisasi yang langsung ke desa untuk memperkenalkan diri serta bersosialisasi kepada masyarakat luas. Kegiatan ini dapat menjadi sarana edukasi dan komunikasi yang efektif kepada masyarakat tentang keterbukaan informasi tidak hanya kepabenan dan cukai, tetapi juga sosialisasi kepada masyarakat secara langsung untuk memerangi peredaran rokok ilegal. 

By Bea Cukai Meulaboh| 15 Juli 2019| Kegiatan |