Selasha Mengenal Kantor Pos Lalu Bea

Seperti biasa, hari selasa setiap minggunya Bea Cukai Meulaboh mengadakan kegiatan Semangat Belajar Sharing (SELASHA) yang ditujukan untuk pegawai untuk mempresentasikan segala sesuatu yang akan dishare kepada rekan-rekan pegawai lainnya.
.
Selasha kali ini dibuka oleh Ade Fitriansyah, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan yang dilanjutkan dengan pemaparan Selasha dari Dana Aulia dengan topik tentang Pos Lalu Bea.
.
Disini saudara Dana menjelaskan pengertian, dasar hukum, penjelasan tentang barang kiriman, serta pengawasan fisik dari bea cukai yang bertugas di Kantor Pos Lalu Bea.
.
Kantor Pos Lalu Bea adalah Kantor Pos dimana berlaku pungutan pabean atas barang-barang yang datang dari luar negeri / luar daerah pabean. Contoh dari Kantor Pos Lalu Bea ini yaitu Kantor Pos Pasar Baru Jakarta, Kantor Pos Besar Surabaya. Aturan dan ketentuan terkait Kantor Pos Lalu Bea ini ada pada PMK No. 182/PMK.04/2016 Jo. PMK 112/PMK.04/2018 Tentang Barang Kiriman.
.
Apa itu Barang Kiriman?
Barang Kiriman adalah barang yang dikirim dari luar daerah pabean yang dikirim melalui Perusahaan Jasa Titipan (PJT) yang berlaku pengenaan Bea Masuk jika FOB barang melebihi USD 75 dan Bebas Bea Masuk jika FOB barang kurang dari USD 75.
.
Pengawasan fisik dari petugas bea dan cukai yang berada di kantor pos lalu bea ini berupa pengawasan terhadap pembongkaran dan pembukaan segel kantong barang kiriman dan dilakukan pemeriksaan fisik barang dan kemudian dituangkan dalam Pencacahan Pembeaan Kiriman Pos (PPKP) dan guna penetapan tarif dan nilai pabean serta perhitungan pajak lainnya.

Seusai pemaparan materi dilanjut dengan sesi tanya jawab dan ditutup oleh Pak Ade Fitriansyah. "Carilah ilmu hingga ke Negeri China" pepatah itu memiliki makna kita sudah seharusnya mencari ilmu sebanyak banyaknya bahkan sampai harus ke luar negeri agar dapat lebih mendapatkan ilmu. Untuk itu, harapannya kegiatan Selasha ini dapat menambah ilmu dan wawasan dari pegawai dan tentunya menambah softskill untuk bisa public speaking yang lebih baik untuk pembawa materi.

By Bea Cukai Meulaboh| 08 Juli 2019| Kegiatan |