Bea Cukai Meulaboh Kampanyekan "GempurRokokIlegal" Lewat RRI

Rabu 19 Juni 2019, Bea Cukai Meulaboh melakukan siaran langsung (Live Streaming) di RRI Meulaboh. Siaran langsung ini berlangsung dari pukul 15.00-16.00WIB dengan pembicara Eko Achmad Santoso, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan dan Ade Fitriansyah, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan dari Bea Cukai Meulaboh dengan Arif dari pihak RRI Meulaboh.

Topik yang dibahas dalam siaran langsung ini mengenai "Gempur Rokok Ilegal". Materi yang dibahas meliputi ciri-ciri rokok ilegal, kegiatan "Gempur Rokok Ilegal", dan manfaat yang diterima berbagai pihak dengan adanya kegiatan tersebut. Dibuka dengan kegiatan gempur rokok ilegal yang sudah berjalan dalam pertengahan bulan Juni ini, dilanjutkan dengan penjelasan ciri-ciri rokok ilegal yang beredar di pasaran antara lain :
1. rokok yang dilekati dengan pita cukai palsu
2. rokok yang dilekati dengan pita cukai bekas
3. rokok yang dilekati dengan pita cukai tidak sesuai dengan peruntukkan, dan 
4. rokok tanpa dilekati pita cukai atau rokok polos

Berdasarkan hasil survei internal yang paling banyak beredar dipasaran adalah rokok yang tidak dilekati pita cukai atau rokok polos. Memang rokok ilegal ini banyak beredar di pasaran, salah satu faktornya adalah harga yang lebih murah dibandingkan rokok yang dilekati pita cukai yang sesuai dengan aturan akan tetapi mengandung komposisi yang tidak sesuai dengan apa yang diinformasikan, sehingga akan merugikan konsumen itu sendiri.

Harapannya dengan adanya siaran langsung ini bisa menghimbau ke masyarakat untuk membantu menghentikan dan berpartisipasi untuk melaporkan peredaran rokok ilegal ini, karena merugikan banyak pihak termasuk masyarakat sendiri. Masyarakat dapat berperan langsung dengan tidak membeli rokok ilegal, apabila ada tindakan yang mencurigakan dan adanya indikasi yang melanggar ketentuan terkait Cukai khususnya rokok ilegal dapat melaporkan ke bea cukai meulaboh melalui nomor 08116789087 atau melalui akun resmi media sosial @bcmeulaboh. Dengan masyarakat ikut berperan dalam "Gempur Rokok Ilegal", masyarakat ikut berkontribusi dalam penerimaan negara yang pada akhirnya akan berdampak positif ke masyarakat.

By Bea Cukai Meulaboh| 08 Juli 2019| Berita |