Bea Cukai Meulaboh Sempurnakan SOP

Penyempurnaan standar prosedur operasional (SOP) wajib dilakukan, seiring perkembangan aturan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk menjaga konsistensi kerja setiap pegawai, memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab serta kepastian hukum. Terkait hal itu, Bea Cukai Meulaboh telah melaksanakan rapat pleno penetapan SOP yang berlangsung selama 2 (dua) Hari yaitu tanggal 13-14 Mei 2019.

Acara berlangsung di Aula Kantor Bea Cukai Meulaboh dan dihadiri langsung oleh Kepala Kantor, Akbar Harfianto serta para pejabat eselon IV dan eselon V. Rapat pleno ini merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan penyempurnaan SOP. Pada sepekan sebelumnya, selama sepekan masing-masing seksi melakukan review atas SOP yang terkait tupoksinya. Proses review SOP dengan cara membandingkan SOP terbaru yang ditetapkan kantor pusat dengan SOP tahun lalu yang terdapat di Bea Cukai Meulaboh. Setelah itu meneliti relevansi atas SOP terbaru tersebut dengan pelaksanaan tugas di lapangan.

Sebagai hasil kegiatan rapat pleno ini, Bea Cukai Meulaboh akan mengusulkan ke Kantor Pusat 5 (lima) SOP Mandiri dan revisi atas 2 (dua) SOP. Untuk selanjutnya seluruh rangkaian penyempurnaan SOP ini akan ditetapkan dengan Surat Keputusan kepala kantor dan akan dibukukan seluruh SOP beserta dokumentasinya. Diharapkan dengan penyempurnaan atas seluruh SOP, dapat memastikan seluruh kegiatan kantor mempunyai panduan dan dasar yang jelas.

By Bea Cukai Meulaboh| 24 Mei 2019| Kegiatan |