Serah Terima Tahap II

Tapaktuan (2/5) - Salah satu fungsi dari DJBC dalam melindungi masyarakat terhadap peredaran barang ilegal dan untuk mengamankan penerimaan negara dari sektor cukai hasil tembakau, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melalui KPPBC TMP C Meulaboh bekerja sama dengan Polres Aceh Selatan menerima pelimpahan perkara yaitu telah terjadi tindak pidana di bidang cukai yang dilakukan oleh tersangka berinisial H (43) yang terjadi di Gampong Durian Kawan, kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan dengan potensi kerugian negara Rp. 663.908.000. .
Pada tanggal 02 Mei 2019 tim dari penyidik KPPBC TMP C Meulaboh yg dipimpin oleh Kasi P2 melaksanakan penyerahan tersangka beserta semua barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Aceh Selatan (tahap II), setelah sebelumnya berkas dinyatakan lengkap (P-21). Kegiatan dimulai dari penjemputan tersangka yang dititipkan di Lapas Kelas II Meulaboh, kemudian langsung dibawa ke Kantor Kejaksaan Negeri Aceh Selatan beserta barang buktinya dengan pengawalan ketat.

Perjalanan ke Kantor Kejaksaan Negeri Aceh Selatan yang berlokasi di Tapaktuan ditempuh selama 4 jam dari Meulaboh. Setelah sampai di Kantor Kejaksaan Negeri Aceh Selatan penyidik PNS melakukan serah terima tersangka beserta barang bukti kepada Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus. Kegiatan serah terima ini diharapkan juga dapat meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan Kejaksaan Negeri Aceh Selatan. Akhirnya, dengan penyerahan tersangka dan barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum (tahap II) kegiatan penyidikan kasus pidana di bidang cukai terhadap tersangka H (43) telah selesai.

By Bea Cukai Meulaboh| 24 Mei 2019| Berita |